Manus, Laurens TH. and Sigarlaki, Anthon and Tandi, Robert and Rompas, Albert E. (1983) Sejarah revolusi kemerdekaan daerah Sulawesi Utara. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img] Text
Sejarah Revolusi Kemerdekaan Daerah Sulawesi Utara.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (98MB)

Abstract

Dengan banyaknya tekanan, kaum nasionalis di daerah Sulawesi Utara tidak berputus asa. Mereka mengorganisir rakyat bukan lagi untuk melawan Jepang yang sudah dikalahkan Sekutu, tetapi untuk melawan Belanda yang akan datang bersama tentara Sekutu sebagai pemenang perang. Merasa bahwa haknya dirampas secara paksa oleh Jepang, maka Belanda kembali lagi untuk mendirikan pemerintahan seperti sebe1um pecahnya perang. Tetapi rakyat di daerah ini tidak sudi begitu saja mengakui pemerintahan penjajah Belanda itu, karena sejak 17 A6ustus 1945 sudah memiliki pemerintahan sendiri, yakni Pemerintah Republik Indonesia.
Menghadapi kenyataan ini maka Belanda berusaha memecah-belah rakyat dan tanah air Indonesia untuk mengaburkan arti proklamasi kemerdekaannya. Dibentuklah sejumlah negara boneka untuk merongrong kesatuan dan persatuan yang telah dimiliki seluruh rakyat Indonesia di mana daerah Sulawesi Utara dimasukkan dalam wilayah NIT. Pergolakan dan pergulatan politik menghebat sebagai reaksi rakyat, ditunjang sepenuhnya oleh kekuatan senjata seadanya yang dimiliki tetapi dijiwai oleh semangat juang yang tinggi untuk menghancurkan Belanda, menghancurkan NIT serta mempersatukan diri dengan Republik Indonesia sesuai jiwa Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:38
Last Modified: 10 Jan 2024 02:38
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27652

Actions (login required)

View Item View Item