Galeri Nasional Indonesia, Galeri Nasional Indonesia (2015) Prosiding seminar estetik Galeri Nasional Indonesia #2 2015 "Larut : seni, pengalaman & pengetahuan" bagian pertama. Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. ISBN 9786021483053

[img] Text
Prosiding Seminar Estetik LARUT Seni Pengalaman dan Pengetahuan Bagian Pertama.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (25MB)

Abstract

"Hal-hal yang dimunculkan oleh karya seni kontemporer bukan lagi ihwal keindahan semata, melainkan perubahan sensibilitas dalam memandang kenyataan (misalnya dalam seni rupa konseptual sejak 1960-an) dan penciptaan hubungan sosial yang baru. Muaranya adalah perubahan sosial. Bersamaan dengan itu, bergeserlah juga pengertian seniman sebagai subjek seni maupun karya seni sebagai objek seni ke arah yang lebih pastisipatoris. Oleh karena karya seni sesungguhnya tak lain daripada sejumput hubungan sosial, maka setiap orang yang bekerja melakukan perubahan hubungan sosial atau penciptaan hubungan sosial yang baru adalah seniman." (Martin Suryajaya, "Dorongan ke Arah Estetika Partisipatoris")

"Kalau seni ingin mengatakan sesuatu, yang bukan dirinya sendiri, apa yang belum terkatakan? Pertanyaan ini seolah-olah membingkai persoalan seni menjadi soal isi (apa yang dikatakan) ketimbang bentuk (cara mengatakannya). Namun sebenarnya tidak. Dalam pandangan saya seni selalu soal bentuk karena ia pertama-tama harus berwujud, baru kemudian bermakna. Oleh karena itu, soal apa yang belum terkatakan oleh seni mencakup dua hal: (yaitu) soal mengenali apa saja persoalan yang belum berhasil dikatakan, dan soal bentuk-bentuk yang belum berhasil ditemukan." (Kurniawan Adi Saputro, "Seni Mengatakan")

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian
Pendidikan > Kebudayaan > Seni rupa
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > Galeri Nasional Indonesia
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 07 Feb 2024 00:50
Last Modified: 07 Feb 2024 00:50
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27584

Actions (login required)

View Item View Item