Galeri Nasional Indonesia, Galeri Nasional Indonesia (2015) Prosiding Seminar Estetik Galeri Nasional Indonesia #2 2015 "Larut " : seni, pengalaman dan pengetahuan (bagian ketiga). Galeri Nasional Indonesia, Denpasar. ISBN 978-602-14830-7-7

[img] Text
Prosiding Seminar Estetik LARUT Seni Pengalaman dan Pengetahuan Bagian Ketiga.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (48MB)

Abstract

Estetika pada dasarnya membicarakan kaidah keindahan. Maka perlu kita simak, apa sajakah yang dapat "diatur" dalam urusan kaidah keindahan itu, perlu juga disimak dan dikaji pihak-pihak mana sajakah dalam suatu satuan kemasyarakatan yang mempunyai peranan-peranan tertentu untuk "mengarahkan" kaidah-kaidah keindahan itu. (Edi Sedyawati, "Estetika dan Keindahan")

Bagi Imanuel Kant, estetika adalah puncak pencapaian eksplorasi pemikiran manusia yang bahkan melampaui rasio murni dan rasio praktis...keadiluhungan sebuah karya seni, yang sarat dengan the sublime yang akan menuntut setiap pengamatnya ke noumena. Kant menuntut kehadiran "para jenius" yang, katakanlah, siap menjadi "pewahyu" yang akan mencerahkan siapa saja yang mengalaminya, apapun bentuk cara berkeseniannya. Estetika Kantian tidak terlalu akrab dengan keseharian dan kebanalan karena yang ingin dicapainya adalah sesuatu yang bahkan mustahil dijangkau rasio murni dan praktis kita. Singkatnya, bila kita membentuk estetika nusantara lewat Kant, kita akan sampai pada sebuah pewacanaan yang padat dengan argumen-argumen yang membuat kita harus merenung untuk merenung saja. Namun ada kabar baik dari forma estetika Kant, bahwa setidaknya ada pukauan -sergapan pengalaman estetik- yang jadi pelengkap tiap aktivitas estetik kita. (Mardohar B.B. Simanjuntak, "Bentuk (Form) Estetika Modern: Problematika Estetika Kantian dari Perspektif Estetika Analitik")

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian
Pendidikan > Kebudayaan > Seni rupa
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > Galeri Nasional Indonesia
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:38
Last Modified: 05 Jan 2024 02:38
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27582

Actions (login required)

View Item View Item