Riyadi, Slamet and Suwadji, Suwadji and Laginem, Laginem and Mp., Sukardi and Priyoprabowo, Dhanu (1994) Idiom tentang nilai budaya sastra Jawa. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Jakarta. ISBN 9794594326

[img] Text
IDIOM TENTANG NILAI BUDAYA SASTRA JAWA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (78MB)

Abstract

Masalah kebahasaan di Indonesia berkenaan dengan tiga masalah pokok, yaitu masalah bahasa nasional, bahasa daerah, dan bahasa asing. Dalam rangka pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia ketiga masalah pokok itu perlu digarap dengan sungguh-sungguh dan berencana.
Kegiatan pembinaan bahasa bertujuan agar masyarakat dapat meningkatkan mutu dan keterampilannya dalam menggunakan bahasa Indonesia, sedangkan kegiatan pengembangan bahasa bertujuan agar bahasa Indonesia dapat berfungsi, baik sebagai sarana komunikasi yang mantap maupun sebagai wahana pengungkap yang efektif dan efisien untuk berbagai aspek kehidupan, sesuai dengan perkembangan zaman.
Upaya pengembangan bahasa itu dilakukan, antara lain, melalui penelitian berbagai aspek bahasa dan sastra termasuk pengajarannya, baik yang berhubungan dengan bahasa Indonesia, bahasa daerah, maupun bahasa asing. Adapun usaha pembinaan bahasa dilakukan, antara lain, melalui penyuluhan tentang penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam masyarakat serta penyebarluasan berbagai buku pedoman dan basil penelitian.
Buku Idiom tentang Nilai Budaya Sastra Jawa ini diterbitkan oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dengan biaya dari anggaran Proyek Penelitian dan Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Jakarta tahun 1993/1994.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Daerah
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:55
Last Modified: 19 Dec 2023 05:55
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27240

Actions (login required)

View Item View Item