Moch, Andri WP. and Juniawan, Eka and Sofian, Ahmad (2014) Iban dan konstruksi kebudayaannya di Kapuas Hulu. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Yogyakarta. ISBN 978-602-1228-97-5

[img] Text
IBAN DAN KONSTRUKSI KEBUDAYAANNYA DI KAPUAS HULU.pdf - Published Version
Copyright Some Rights Reserved
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (35MB)

Abstract

Memahami Iban memang tidak akan lebih mudah dari sekedar memahami stigma-stigma julukannya yang dilekatkan pada masa lalu. Pemburu kepala yang ulung, petualang handal, atau Dayak laut. Semua seakan mewakili bagian dari identitas mereka pada masa itu. Meski stigma-stigma seperti itu tentu bukan tanpa alasan muncul dan diberikan oleh para penguasa Inggris, terutama Brooke, dan Belanda. Hampir semua catatan tentang kelompok-kelompok kecil Iban pada masa itu memang selalu menggambarkan bagaimana kemampuan mereka di atas perairan-perairan laut dan sungai. Terutama saat mereka mulai mempertontonkan kemampuannya dalam hal pembajakan dan penguasaan, peperangan, dan juga pada kebiasaannya berburu kepala di jalur-jalur perairan sekitar pantai dan sungai, sebelah Utara dan Barat laut wilayah Kalimantan.

Tetapi yang juga hampir dilupakan oleh semua bahwa peperangan dan perburuan kepala merupakan dua hal yang kerap berlangsung secara bersamaan. Catatan seorang Antonio Pegafeta, dalam persinggahannya di Utara Kalimantan 1521 memberitakan tentang Brune' dan peperangannya terhadap kelompok musuh yang dianggap kafir. "Kapal-kapal ini tidak bermaksud menyerang kami, tetapi akan berperang melawan kaum kafir sambil menunjukkan bukti potongan kepala dari hasil pertempuran mereka (saat itu)". Catatan-catatan seperti ini memang menunjukkan kepada kita bahwa aspek perilaku tertentu, dalam peperangan bukanlah semata milik kelompok-kelompok tertentu. Melainkan juga dapat mewakili siapapun dan untuk kepentingan apapun bagi mereka.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 26 Dec 2023 15:28
Last Modified: 26 Dec 2023 15:28
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27238

Actions (login required)

View Item View Item