Bahany, Nab and Umar, Mawardi and Zahrina, Cut and Kesuma, Teukiu Bahagia (2022) Biografi A. Gani Mutyara: perjuangan di balik suara Indonesia masih ada. Balai Pelestarian dan Nilai Budaya Aceh, Banda Aceh. ISBN 9786236107126

[img] Text (Informasi Sejarah dan Budaya Aceh-Sumut)
3. A. Gani Mutyara Update.pdf
Copyright All Rights Reserved

Download (33MB)

Abstract

Sebagaimana diketahui, Abul Gani Mutyara, atau juga dikenal dengan nama A.G. Mutyara, adalah seorang tokoh tiga zaman, yang hidup dari era akhir penjajahan Belanda di Aceh, hingga zaman penjajahan Jepang, sampai diproklamirkan kemedekaan Republik Indonesia. Bahkan, pada saat Indonesia baru diproklamirkan kemerdekaannya, A.G. Mutyara menjadi tokoh penting dalam sejarah bangsa mempertahankan kemerdekan Indonesia di wilayah Aceh.
Profesinya sebagai wartawan dan sastrawan, serta kemiliteran sangat berperan dalam mengoperasikan Radio Rimba Raya dengan pemberitaan-pemberitaan dalam mengkanter propaganda siaran-siaran Radio Belanda, yang menyatakan Indonesia telah berhasil dikuasai kembali oleh Belanda dalam serangan agresi kedua. A.G. Mutyara bersama Tgk. Abdullah Arif, Teuku Ali Basyah Talsya yang bertanggungjawab terhadap siaran pemberitaan Radio Rimba Raya mengkanter siaran-siaran propaganda Belanda itu, dengan membantah lewat siaran Radio Rimba Raya yang dipancarkan ke dunia Internasional di tengah hutan Aceh Tengah, bahwa Indonesia masih ada wilayahnya, yaitu Aceh.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian
Pendidikan > Kebudayaan > Tokoh Nasional
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Aceh
Depositing User: Nurmila Khaira
Date Deposited: 13 Feb 2023 06:29
Last Modified: 13 Feb 2023 06:29
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/26410

Actions (login required)

View Item View Item