Sasangka, Wisnu and Mulyani, Yeni and Saptarini, Tri (1997) Bahasa dan sastra : bahasa Sunda di kabupaten Brebes (tahun xv nomor 4 1997). Pusat Pembinaan danPengembangan Bahasa, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. ISBN 01261444

[img] Text (Bahasa dan Sastra)
bahasa dan sastra tahun xv nomor 4 1997.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (1MB)

Abstract

Terdapat 2 tulisan utama pada buku ini:
1. Bahasa Sunda di kabupaten Berebes. Tulisan ini mendiskripsikan keberadaan Bahasa Sunda di wilayah Brebes. Perbedaan bahasa yang menonjol adalah pada intonasi dan beberapa kosakata, sedangkan pada tataran frasa dan kalimat tidak ada perbedaan. Tulisan ini disajikan secara sederhana namun juga memberikan informasi bahwa daerah Brebes menggunakan 2 bahasa, yakni bahasa Jawa dan bahasa Sunda.
2. Pencarian dan Pengukuhan Nilai Budaya Nusantara dalam rangka menyongsong era globalisasi. Tulisan ini membahas masalah unsur nilai budaya yang terdapat pada sebagian sastra Nusantara. Nilai-nilai budaya tersebut diharapkan dapat menajdi filter dalam menghadapi masuknya budaya asing ke Indonesia di masa globalisasi. Nilai yang dimaksud adalah keadilan, kerja keras, menuntut ilmu, dan menghargai orang lain.

Tulisan terakhir merupakan tulisan penunjang dari kedua tulisan utama. Judul tulisan penunjang tersebut adalah Frasa dengan Kata Yang.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Daerah
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Depositing User: - Perpustakaan Badan Bahasa Kemdikbud
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:27
Last Modified: 26 Jul 2023 03:27
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/26238

Actions (login required)

View Item View Item