Hendrik, Herman and Ulumuddin, Ihya and Atmadiredja, Genardi and Widjaja, Imelda (2020) Belajar hidup berdampingan: studi mengenai praktik pengelolaan keragaman agama di sekolah. Other. Pusat Penelitian Kebijakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
1629814571_Puslitjak_23_Belajar_Hidup_Berdampingan.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (3MB)

Abstract

Buku ini menyajikan praktik pengelolaan keragaman agama di sekolah, khususnya di lima daerah: Kabupaten Purwakarta, Kota Depok, Kota Semarang, Kota Yogyakarta, dan Kota Medan. Ragam praktik yang dilakukan dikelompokkan menjadi empat kategori, yaitu normatif, mandiri, maju, dan inovatif. Sekolah yang masuk kategori normatif umumnya masih sebatas mengandalkan kurikulum yang ada, misalnya melalui materi PPKn dan program Penguatan Pendidikan Karakter. Pada kategori mandiri, terdapat beberapa sekolah yang memiliki guru agama dengan inisiatif mandiri menanamkan nilai-nilai toleransi dan penghormatan terhadap keragaman di sekolah tempat ia mengajar. Sekolah dengan kategori maju dalam pengelolaan keragaman biasanya telah mendapat intervensi dari pihak luar, misalnya pendampingan oleh organisasi nonpemerintah. Sementara sekolah yang inovatif umumnya sudah berani berinovasi dalam kurikulum, misalnya dengan menghadirkan pendidikan antaragama atau memodifikasi mata pelajaran tertentu dalam rangka mendukung pengelolaan keragaman. Praktik yang terakhir ini biasanya terjadi di sekolah-sekolah swasta. Berbagai praktik pengelolaan keragaman di sekolah tidak dapat dilepaskan dari peran berbagai pihak, seperti kepala daerah, organisasi nonpemerintah, tokoh agama, yayasan pendidikan, dan peran guru pendidikan agama (Islam).

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: Pendidikan > Sekolah
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Agama
Pendidikan > Sekolah > Pendidikan Karakter
Divisions: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: perpus dikbud
Date Deposited: 22 Feb 2022 01:07
Last Modified: 22 Feb 2022 01:07
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24905

Actions (login required)

View Item View Item