Hidayati, Sri and Supriyadi, Teguh and Sari, Lisna Sulinar (2020) Risalah kebijakan: kesesuaian buku teks pelajaran sekolah dasar dengan kurikulum IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia. Project Report. Pusat Penelitian Kebijakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

[img] Text
Risalah Kebijakan_Puslitjak 2020_21_Kesesuaian_Buku_Teks_SD_IPA_Matematika_Bhs_Indonesia.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (5MB)

Abstract

Pada tahun 2019 Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbangbuk, Kemendikbud melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang belum memenuhi kriteria kelayakan buku teks. Identifikasi dilakukan dengan cara mengkaji isi buku teks tematik terpadu kelas IV untuk muatan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA; serta buku teks pelajaran matematika. Fokus penelitian ini adalah pada aspek kebenaran konsep isi/materi, kesesuaian isi/materi dengan kurikulum, keruntutan konsep, kesesuaian dengan perkembangan psikologi peserta didik, kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia, ketepatan pemilihan kosakata dan istilah, serta memperhatikan tingkat perkembangan peserta didik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Kurikulum
Pendidikan > Buku Sekolah
Divisions: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Users 1990 not found.
Date Deposited: 19 May 2021 05:02
Last Modified: 19 May 2021 05:02
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/22302

Actions (login required)

View Item View Item