Anggraeni, Grahana Tiku (2019) E-modul bahasa Indonesia Kelas XI. Teks ceramah. [Teaching Resource]
Text
Kelas XI_Bahasa Indonesia_KD 3.6.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
Abstract
Modul yang berjudul Teks Ceramah ini terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran yang disusun sedemikian rupa dan diharapkan akan memberikan penguatan bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Kegiatan pembelajaran tersebut meliputi: mengidentifikasi isu aktual dalam ceramah, bahan ceramah, dan menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan ceramah.
Petunjuk penggunaan modul: Agar modul ini dapat digunakan secara maksimal maka kalian diharapkan melakukan langkah–langkah sebagai berikut : 1. Pelajarilah dan pahami peta konsep yang disajikan dalam setiap modul; 2. Pelajarilah dan pahami tujuan yang tercantum dalam setiap kegiatan pembelajara; 3. Pelajarilah uraian materi secara sistematis dan mendalam dalam setiap kegiatan pembelajaran.; 4. Modul yang berjudul Teks Ceramah ini terdiri dari tiga kegiatanpembelajaran yang disusun sedemikian rupa dan diharapkanakan memberikan penguatan bagi siswa dalam kegiatanpembelajaran Bahasa Indonesia. Kegiatan pembelajarantersebut meliputi: mengidentifikasi isu aktual dalam ceramah,bahan ceramah, dan menganalisis isi, struktur, dan kebahasaanceramah. Adapun hasil belajar yang diharapkan setelahmempelajari modul ini antaralain:1. Siswa dapat menggali isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.2. Siswa dapat menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan struktur.Agar modul ini dapat digunakan secara maksimal maka kaliandiharapkan melakukan langkah–langkah sebagai berikut :1. Pelajarilah dan pahami peta konsep yang disajikan dalamsetiap modul.2. Pelajarilah dan pahami tujuan yang tercantum dalamsetiap kegiatan pembelajaran.3. Pelajarilah uraian materi secara sistematis danmendalam dalam setiap kegiatan pembelajaran.4. Lakukanlah uji kompetensi di setiap akhir kegiatan pembelajaran untuk mengetahui tingkat penguasaan matei; 5. Diskusikan secara kelompok dan atau dengan guru jika mengalami kesulitan dalam pemahaman materi; dan 6. Lanjutkan pada modul berikutnya jika sudah mencapai ketuntasan yang diharapkan mendapatkan nilai 75.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah |
Depositing User: | Iin Astuti |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 08:34 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 08:47 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19533 |
Actions (login required)
View Item |