Setiabudi, Setiabudi (2015) Bahan ajar diklat kepemimpinan ingkat IV : agenda diagnostic reading - diagnostic reading. [Teaching Resource]

[img] Text
03.05 Modul Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV - Diagnosa Perubahan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (735kB)

Abstract

Pembelajaran dalam Diklatpim terdiri atas lima agenda yaitu Agenda Self Mastery, Agenda Diagnosa Perubahan, Agenda Inovasi, Agenda Membangun Tim Efektif dan Agenda Proyek Perubahan. Setiap agenda terdiri dari beberapa mata diklat yang berbentuk bahan ajar. Bahan ajar Diklatpim merupakan acuan minimal bagi para pengajar dalam menumbuh kembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta Diklatpim terkait dengan isi dari bahan ajar yang sesuai agenda dalam pedoman Diklatpim. Oleh karena bahan ajar ini merupakan produk yang dinamis, maka para pengajar dapat meningkatkan pengembangan inovasi dan kreativitasnya dalam mentransfer isi bahan ajar ini kepada peserta Diklatpim. Selain itu, peserta Diklatpim dituntut kritis untuk menelaah isi dari bahan ajar Diklatpim ini. Sehingga apa yang diharapkan penulis, yaitu pemahaman secara keseluruhan dan kemanfaatan dari bahan ajar ini tercapai.

Diklat Kepemimpinan Tingkat IV di arahkan untuk menghasilkan Pemimpin Perubahan, yaitu pemimpin yang berhasil membawa perubahan pada unit organisasi eselon IV yang dipimpinnya. Dalam mewujudkan perubahan tersebut, setiap pemimpin membutuhkan kemampuan mendiagnosa unit organisasinya, mencari dimensi yang bermasalah, kemudian menyusun langkah untuk mengubahnya sehingga masalah tersebut tidak muncul lagi pada unit organisasinya. Perubahan ini dilakukan secara berkesinambungan hingga menuju organisasi yang berkinerja tinggi.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Perkantoran
Divisions: Sekretariat Jenderal > Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai
Depositing User: Mr Chaidir Amir
Date Deposited: 27 Apr 2020 22:29
Last Modified: 27 Apr 2020 22:37
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/17920

Actions (login required)

View Item View Item