Kulsum, Umi and Harijatiwidjaja, Natje and Darheni, Nani and Sariah, Sariah and Mulyanah, Ade and Heryadi, Toni and Kartika, Kartika (2016) Singkatan dan akronim dalam media massa cetak dan media elektronik. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Bandung. ISBN 9786021686102
Text
Singkatan & Akronim Dalam Media Massa Cetak dan Media Elektronik.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (23MB) |
Abstract
Buku ini memaparkan singkatan dan akronim dalam media massa cetak (tabloid, surat kabar, dan majalah) dan media elektronik (televisi). Untuk hyang tabloid, data yang berhasil dikumpulkan dari tabloid berjumlah 1.240 dengan perincian 443 berupa akronim dan 797 berupa singkatan. Adapun untuk surat kabar,dapat dinyatakan pola atau sistem pengkatoniman dalam bahasa Indonesia yang terdapat di dalam media massa cetak Jawa Barat belum memiliki keajekan atau konsistensi kaidah. Untuk majalah, pembentukan singkatan dan akronim lebih banyak dibentuk oleh faktor pragmatik daripada faktor fonologis.Terakhir untuk media elektronik teleivisi, dari 132 data yang dikumpulkan, terdapat 78 akronim dan 66 singkatan
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra |
Divisions: | Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Balai Bahasa Jawa Barat |
Depositing User: | - Perpustakaan Badan Bahasa Kemdikbud |
Date Deposited: | 07 Mar 2020 03:22 |
Last Modified: | 07 Mar 2020 03:22 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16370 |
Actions (login required)
View Item |