Yuliani, Herliana (2014) Peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS ekonomi pokok bahasan uang dengan pendekatan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) kelas IX, SMP Negeri 22 Samarinda. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VIII (1). pp. 65-86. ISSN 1858-3105
Text
04 Juni 2014.pdf - Updated Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (676kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan tipe SMT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IX C SMPN 22 Samarinda Tahun Akademik 2011 / 2012. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 22 Samarinda C Kelas IX Semester Akademik Tahun 2011/2012. Waktu penelitian berlangsung selama 2 bulan dengan 2 siklus. Dengan jumlah siswa sebagai subyek penelitian adalah 40 siswa. Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk menyajikan nilai rata-rata sederhana, nilai frekuensi dan nilai persentase. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam studi sosial ekonomi. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode TPS dapat meningkatkan motivasi dan berprestasi siswa kelas IX A SMPN 22 Samarinda 2011/2012 tahun akademik. Sangat disarankan bagi guru IPS dengan menggunakan pendekatan atau metode proses pembelajaran TPS yang menyenangkan, mengasyikkan, dan berkualitas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivation, Learning Outcomes, Type Thik Pair Share (TPS). |
Subjects: | Pendidikan > Siswa Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 02:21 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 02:21 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15500 |
Actions (login required)
View Item |