Burhan, M. Agus (2004) Karya pilihan koleksi Galeri Nasional Indonesia Volume 1 = Selected works collection of Indonesian National Gallery volume 1. Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini adalah buku kesenian)
KARYA PILIHAN KOLEKSI GALERI NASIONAL INDONESIA VOLUME 1.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (46MB) | Preview

Abstract

Galeri Nasional Indonesia merupakan lembaga kebudayaan yang gagasannya sudah direncanakan sejak lama, diawali dengan pendirian Wisma Seni Nasional yang berkembang pula sebagai gagasan Pusat Pengembangan Kebudayaan. Gagasan ini untuk sebagian diwujudkan dengan pembangunan Gedung Pameran Seni Rupa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (23 Februari 1987) sebagai sarana kegiatan seni rupa . Akhirnya setelah diperjuangkan secara intensif sejak tahun 1995, baru terealisasi pada tanggal 8 Mei 1998 di Jakarta dan setahun kemudian diresmikan secara formal fungsionalisasinya. Lembaga kebudayaan ini bertugas melaksanakan pengumpulan, pendokumentasian, registrasi, penelitian, pemeliharaan, perawatan, pengamanan, penyajian, penyebarluasan informasi, dan bimbingan edukatif tentang karya seni rupa.
Beberapa alasan menampilkan karya-karya ini sebagai Karya Pilihan Koleksi Galeri Nasional Volume I adalah sebagai berikut. Pertama adalah keterwakilan tokoh-tokoh pelukis ini dalam berbagai _periode sejarah seni rupa modem Indonesia. Kedua, berkaitan dengan kualitas karya yang didalamnya mencerminkan pencapaian estetika yang kuat. Dalam konteks sejarah karya-karya itu tidak sekedar mempunyai nilai konseptual, gaya pribadi, dan daya artistik yang tinggi saja. Akan tetapi berbagai pencapaian tersebut bisa dijadikan sebagai refleksi jiwa zaman, karena bentuk-bentuk estetik yang diungkapkan mempunyai ikatan yang kuat dengan ruang sosiokulturalnya . Sungguhpun demikian, pada karya pilihan ini, tidak semua karya diciptakan dalam kurun waktu yang tepat selama menguatnya periode itu. Namun karya-karya yang demikian itu, tetap dalam semangat ikatan zaman atau paradigma estetik yang berkembang ketika pelukis itu mencapai gaya pribadinya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Lukisan dan patung
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Seni rupa
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > Galeri Nasional Indonesia
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:03
Last Modified: 06 Feb 2024 06:07
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/14251

Actions (login required)

View Item View Item