Aras, Endi Gasing Indonesia : keseimbangan dalam keberagaman. Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini adalah buku permainan anak)
KESEIMBANGAN DALAM KEBERAGAMAN GASING INDONESIA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (73MB) | Preview

Abstract

Di tengah maraknya permainan modern yang diciptakan oleh berbagai negara, ketertarikan masyarakat khususnya anak-anak terhadap permainan tradisional semakin memudar. Permainan tradisional yang lebih memiliki nilai-nilai arief semakin ditinggalkan. Para orangtua lebih banyak memperkenalkan permainan yang berbasis digital karena dipandang sederhana dan 'trend'. Padahal, permainan tradisional jauh lebih bersahabat dengan alam dan lingkungan, mendidik anak bekerja dalam tim, gotong royong serta kemampuan sosial lainnya.
Seperti halnya gasing Indonesia; permainan ini sangat unik, menarik, dan penuh nilai-nilai tradisional yang tersebar di hampir seluruh daerah di tanah air. Gasing tidak mengenal kalangan usia, karena dimainkan dari usia anak hingga orang dewasa bahkan orang tua. Tidak banyak yang mengetahui tentang bentuk, jenis serta pola permainannya yang sangat beraneka ragam. Menjadi perhatian kami, begitu luar biasanya keunikan dan nilai permainan tradisional gasing, namun hingga saat ini kita belum menemukan buku khusus tentang Gasing Indonesia. Oleh karena itu, Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya menghimpun informasi tentang Kekayaan Budaya ini dan menghadirkan buku Gasing Indonesia.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Permainan Tradisional
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:31
Last Modified: 06 Feb 2024 01:31
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/14230

Actions (login required)

View Item View Item