Rido, Amir (2016) Kontraks keterampilan mengajar mahasiswa program pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2 (2).
|
Text
190-704-1-PB.pdf Download (214kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menentukan konstrak keterampilan mengajar
mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode Survei. Sampel penelitian diambil melalui teknik proportionale random
sampling sebesar 640 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka
yang mengajar di kelas nyata di sekolah dasar. Pengumpulan data menggunakan metode
observasi. Data dianalisis menggunakan aplikasi Analisis Faktor Konfirmatori (AFK). Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa konstrak keterampilan mengajar dibentuk oleh
perencanaan pembelajaran, mengelola kegiatan pembelajaran, mengelola iklim kelas,
mendemonstrasikan penguasaan materi pembelajaran, melakukan asesmen, dan
melakukan refleksi. Kajian ini menyimpulkan bahwa keenam faktor tersebut secara empiris
terbukti akurat, konsisten dan memiliki ketepatan dalam mengukur konstrak keterampilan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 01:56 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 01:56 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/137 |
Actions (login required)
View Item |