Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2012) Juknis pemetaan program penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja tahun 2012. Other. Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Jakarta.
Text
juknis_pemetaan_2012.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja merupakan sebuah upaya komprehensif untuk mensinkronkan pendidikan nasional dengan kebutuhan dunia kerja, sehingga terjadi keselarasan
dalam pelaksanaannya. Pemetaan dan analisis sisi pasokan dalam dimensi kualitas, kuantitas, lokasi dan waktu adalah salah satu program penyelarasan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pasokan dunia pendidikan dalam hal kualifikasi/kompetensi, sehingga kita dapat
mengetahui kemampuan sisi pasokan untuk menghasilkan kualifikasi yang diharapkan dunia kerja hingga pada akhirnya lulusan yang dihasilkan dapat terserap di dunia kerja. Adapun tujuan dari kegiatan pemetaan dan analisis sisi pasokan dan permintaan dalam dimensi kualitas, kuantitas,
lokasi dan waktu ini adalah (1) mengetahui laju pasokan yang dihasilkan setiap tahunnya di tiap sektor dan lokasi, (2) mengetahui karakteristik kebutuhan dunia kerja atas lulusan, (3) melakukan analisis integrasi pasokan semua level dibandingkan kemampuan serap dunia kerja berdasarkan
sektor untuk dapat memberikan rekomendasi strategi peningkatan kualitas pendidikan dalam penyesuaian pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja serta (5) melakukan analisis kebutuhan SDM di semua sektor berbasis pada kebutuhan koridor ekonomi yang mengacu pada Master Plan Perluasan dan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011‐2025.
Item Type: | Monograph (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Juklak dan Juknis |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi > Direktorat Kursus dan Pelatihan |
Depositing User: | perpus dikbud |
Date Deposited: | 11 Jun 2019 00:57 |
Last Modified: | 11 Jun 2019 00:57 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/11766 |
Actions (login required)
View Item |