Nugrahini, Eka (2016) Kaleidoskop 2016 : pemberitaan media Kemendikbud. Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img]
Preview
Text
KALEIDOSKOP 2016 PEMBERITAAN MEDIA KEMENDIKBUD.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (116MB) | Preview

Abstract

Kaleidoskop ini menyoroti tujuh isu atau program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang terangkum di dalam media mainstream (media daring dan media cetak). Melalui rekam media tersebut, kita dapat mengetahui potret Kemendikbud dalam kacamata media.
Data berasal dari pemberitaan 40.819 di media daring dan 19. 786 di media cetak, baik lokal maupun nasional, yang dihimpun sepanjang tahun 2016 tertanggal 01 Januari - 08 Desember 2016. Adapun tujuh isu yang diambil sebagai data meliputi topik tentang guru, ujian nasional (UN), sekolah, kebudayaan, Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP), pendidikan vokasi/SMK, dan Kurikulum 2013.
Seluruh data dikumpulkan dan langsung dianalisis secara kuantitatif oleh mesin Intelligence Media Management (IMM) yang berbasis Artificial Intelligence secara real time . Analisis data kuantitatif tersebut kemudian diinterpretasikan dengan menggunakan analisis wacana untuk mendapatkan suatu informasi.
Hasil analisis data merupakan data dari keseluruhan media (universe), bukan sampling dari seluruh wilayah di Indonesia. Analisis ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi tahunan, sekaligus kajian strategi untuk menyosialisasikan berbagai program dengan lebih baik dan terukur di waktu yang akan datang.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Hasil Survei
Divisions: Sekretariat Jenderal
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:13
Last Modified: 25 Jan 2024 03:13
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10685

Actions (login required)

View Item View Item