Pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) dengan metode immersion terintegrasi budaya Indonesia

Wirawan, Abdul Karim (2018) Pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) dengan metode immersion terintegrasi budaya Indonesia. Working Paper. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta.

[img] Text
dokumen_makalah_1540362261.pdf

Download (750kB)

Abstract

Pembahasan dalam artikel ini adalah mendeskripsikan pengintegrasian budaya Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) dengan menggunakan metode immersion. Integrasi pembelajaran BIPA dengan budaya Indonesia sangat penting dilakukan karena faktor budaya memiliki peranan penting dalam kegiatan berbahasa. Pengintegrasian pembelajaran BIPA dengan budaya Indonesia akan membuat kemampuan berbahasa Indonesia pembelajar BIPA menjadi komprehensif. Cara yang dilakukan untuk membelajarkan BIPA terintegrasi budaya Indonesia adalah dengan metode pembelajaran immersion. Metode ini mengharuskan pembelajar BIPA terjun langsung ke masyarakat Indonesia tempat ia belajar sehingga dapat mempelajari bahasa dan budaya Indonesia secara langsung. Cara ini sangat efektif untuk memaksimalkan kemampuan pembelajar BIPA dalam menguasai bahasa Indonesia dan memahami budaya Indonesia di mana ia berada.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan
Depositing User: Miss novita nurul
Date Deposited: 02 Feb 2019 04:13
Last Modified: 02 Feb 2019 04:22
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/9972

Actions (login required)

View Item View Item