Pemberdayaan masyarakat melalui wirausaha kreatif berbasis kearifan local

Saraswati, Gaharani (2015) Pemberdayaan masyarakat melalui wirausaha kreatif berbasis kearifan local. Damar Jayagiri, 2015. pp. 73-80. ISSN 20871260

[img] Text
73-80.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kearifan lokal merupakan modal utama masyarakat dalam membangun dirinya tanpa merusak tatanan sosial yang ada di dalamnya, sehingga perlu dipertimbangkan dalam memberdayakan masyarakat. Upaya memberdayakan masyarakat dapat ditempuh dengan cara membina masyarakat untuk mengembangkan wirausaha kreatif yang berbasis kearifan lokal. Chocodot adalah salah satu produk kreatif asli Garut yang menanamkan kearifan lokal. Sukses berkiprah di dunia usaha, PT Tama Cokelat Indonesia (perusahaan Chocodot) mengajak para penggiat UKM di sekitarnya untuk berinovasi dan mengembangkan produknya dalam wadah Gapura Indonesia. Penelitian ini mengkaji tentang: 1) kondisi awal terbentuknya usaha Chocodot, 2) penerapan inovasi Chocodot dalam mengembangkan wirausaha kreatif, dan 3) strategi pemberdayaan masyarakat melalui usaha Chocodot.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat, wirausaha, kearifan local
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Kecapakan Wirausaha (PKW)
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Masyarakat
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat
Depositing User: Mrs Sofi Suwaris
Date Deposited: 20 Dec 2018 08:42
Last Modified: 20 Dec 2018 08:42
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/9010

Actions (login required)

View Item View Item