Pengaruh metode penyadaran dalam meningkatkan minat baca warga belajar keaksaraan (studi dilakukan pada Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi)

Sukmana, Cucu (2014) Pengaruh metode penyadaran dalam meningkatkan minat baca warga belajar keaksaraan (studi dilakukan pada Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi). Damar Jayagiri jurnal penelitian dan pengkajian pendidikan non formal, 2014. pp. 9-26. ISSN 2087-1260

[img] Text
9-26.pdf

Download (9MB)

Abstract

Salah satu penyebab terjadinya buta huruf kembali bagi warga belajar keaksaraan adalah faktor minat baca yang belum memasyarakat. oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan langkah-langkah dan metode penyadaran dalam meningkatkan minat baca warga belajar pendidikan keaksaraan di PKBM se-kecamatan Cimahi Selatan, kota Cimahi; menganalisis pengaruh metode penyadaran dalam meningkatkan minat baca warga belajar keaksaraan fungsional di PKBM se-kecamatan Cimahi Selatan, kota Cimahi; mengetahui keunggulan dan kelemaham metode penyadaran dalam meningkatkan minat baca warga belajar pendidikan keaksaraan di PKBM se-kecamatan Cimahi Selatan, kota Cimahi. Teori metode penyadaran Paulo Friere terdiri dari dua indikator metode penyadaran yaitu: 1. kampanye kemampuan baca tulis hitung 2. kampanye paska kemampuan baca tulis.
Penelitian ini menggunakan metode desktiptif analisis.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa deskripsi langkah-langkah metode penyadaran yang dilakukan oleh tutor sesuai apa yang telah disusun oleh tim tutor dari fase I kampanye kemampuan baca tulis hitung (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi dan tindak lanjut) dan fase II kampanye pasca kemampuan baca tulis. Analisis dari metode penyadaran dan minat baca dari hasil angket yang disebar mengindikasikan bahwa sebaran data akan persepsi responden terhadap metode penyadaran (X) dan minat baca variabel X pada program pendidikan keaksaraan fungsional baik. Pengaruh dari metode penyadaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca warga belajar keaksaraan.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Masyarakat
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Keaksaraan
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat
Depositing User: Mrs Sofi Suwaris
Date Deposited: 11 May 2019 11:08
Last Modified: 11 May 2019 11:08
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/8997

Actions (login required)

View Item View Item