Suherman, Ayi (2011) Studi evaluatif kesesuaian dokumen perencanaan dan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan. Damar Jayagiri, 2011. pp. 1-9. ISSN 20871260

[img] Text
1-9.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang muncul setelah dilaksanakannya KTSP di sekolah sering ditemukan guru dalam mengembangkan kurikulum tidak sesuai antara yang direncanakan dengan implementasi pembelajaran. Dalam penelitian ini akan dijelaskan bagaimana kinerja guru dalam menyusun perencanaan kurikulum, bagaimana guru melaksanakan kurikulum dalam proses pembelajaran dan bagaimana guru melakukan penilaian terhadap keberhasilan pembelajaran. Keseluruhan kegiatan terfokus pada mata pelajaran penjas khususnya SKKD permainan bola kecil dan senam kebugaran jasmani kelas VI Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dimana paparan tentang perencanaan pembelajaran seperti silabus dan RPP dikomprasikan dengan tindakan guru saat melaksanakan kurikulum dan penilaian pada pemebelajaran penjas kelas VI SD terdapat kesesuaian atau tidak. Penelitian dilaksanakan di ketiga SD kabupaten Sumedang dengan kondisi yang berbeda yaitu SDN Cilengkrang kecamatan Sumedang Kota, SDN Cibeureum kecamatan Cimalaka dan SDN Neglasari kecamatan Situraja. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dari objek penelitian kemudian dilakukan pengolahan data melalui reduksi data, verifikasi dan penyajian data serta kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dalam merencanakan pembelajaran khususnya silabus yang dikembangkan masih sama dengan silabus yang dibuat BSNP, sedangkan RPP dibuat guru sebagian dimodifikasi dan cenderung hasil buatan sendiri tetapi ada juga membuat RPP mirip sama dengan penerbit. Pelaksanaan pembelajaran sebagian besar kurang sesuai dengan yang direncanakan karena perencanaan dibuat kurang matang dan sering adanya gangguan agenda sekolah yang tidak konsisten. Penilaian guru masih sebagian besar berfokus pada hasil melalui kemampuan tes praktek. Belum ditemukan guru membuat pedoman penilaian pengamatan melalui descriptor skala nilai. Faktor pendukung implementasi pembelajaran penjas antara lain ketersediaan sarana prasarana modifikasi, kemampuan guru hasil pelatihan, kesiapan dan semangat siswa dan pamount ola pembinaan kepala sekolah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Studi evaluasi, KTSP
Subjects:
Pendidikan > Sekolah > Kurikulum
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat
Depositing User: Mrs Sofi Suwaris
Date Deposited: 20 Dec 2018 08:08
Last Modified: 20 Dec 2018 08:08
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/8975

Actions (login required)

View Item View Item