UJIAN NASIONAL SEBAGAI CERMIN MUTU PENDIDIKAN DAN PEMERSATU BANGSA : NATIONAL EXAM AS A REFLECTION FOR QUALITY OF EDUCATION AND A NATION ADHESIVE

Safari, Puspendik (2015) UJIAN NASIONAL SEBAGAI CERMIN MUTU PENDIDIKAN DAN PEMERSATU BANGSA : NATIONAL EXAM AS A REFLECTION FOR QUALITY OF EDUCATION AND A NATION ADHESIVE. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21 (2).

[img]
Preview
Text
180-662-1-PB.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Tujuan studi ini adalah menjawab pertanyaan apakah ujian nasional dapat menjadi pemersatu bangsa dan apakah hasil UN dapat mencerminkan mutu pendidikan secara nasional. Metode penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah pelaku pendidikan di Banda Aceh Provinsi Aceh tahun 2014, dengan sampel sebanyak 78 responden yang terdiri dari 24 siswa SMAN dan 27 siswa MAN, 19 guru SMAN dan MAN, 8 pejabat di lingkungan Dikbud termasuk kepala sekolah SMAN dan MAN. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh hasil, pertama, responden yang menyatakan setuju UN sebagai pemersatu bangsa adalah 79,5%, sedangkan responden yang menyatakan tidak setuju adalah 20,5%. Kedua, responden yang menyatakan bahwa hasil UN dapat mencerminkan mutu pendidikan secara nasional adalah 59%, sedangkan responden yang menyatakan tidak adalah 41%. Berdasarkan hasil studi disimpulkan bahwa Ujian Nasional sudah menjadi perekat bangsa dan mencerminkan mutu pendidikan walaupun belum maksimal.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Siswa > Ujian Nasional
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan > Pusat Penilaian Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Kemendikbud
Date Deposited: 15 Sep 2016 14:59
Last Modified: 15 Sep 2016 22:18
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item