Isu pendidikan dalam kampanye politik

Wisudawati, Diyan Nur Rakhmah (2014) Isu pendidikan dalam kampanye politik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (4). pp. 579-587.

[img]
Preview
Text
10. diyan.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini untuk mengkaji isu pendidikan yang lazim digunakan partai politik atau calon Kepala Daerah/Kepala Negara untuk menjaring dukungan masyarakat dalam kampanye.
Isu-isu pendidikan dapat menjadi daya tarik masyarakat dalam menentukan dukungan dan arah afiliasi terhadap partai politik/calon Kepala Daerah/Kepala Negara tertentu. Data dan
informasi diperoleh melalui studi literatur yang dianalisis secara kualitatif deskriptif. Kesimpulannya adalah bahwa isu pendidikan yang ditawarkan partai politik dalam kampanye
memiliki kecenderungan yang sama antar partai politik/antar peserta kampanye, di antaranya terkait dengan penyelenggaraan pendidikan gratis, peningkatan mutu guru dan tenaga pendidik,pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan serta peningkatan anggaran bidang pendidikan.Pada beberapa kasus terbukti bahwa isu tersebut berhasil memaksimalkan dukungan masyarakat dalam proses penentuan pemimpin daerah melalui proses pemilihan umum. Daya tarik isu pendidikan dalam proses politik disebabkan karena pendidikan dinilai sebagai salah satu bagian penting dari kebutuhan dasar manusia yang merupakan bagian dari proses menuju peningkatan kesejahteraan hidup.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Produk Hukum
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan > Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan
Depositing User: Mrs Syafnelly Syafnelly
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:33
Last Modified: 10 Jan 2019 08:07
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item