Analisis kelayakan dan kesesuaian antara latar belakang pendidikan guru sekolah dasar dengan mata pelajaran yang diampu

Jakaria, Yaya (2014) Analisis kelayakan dan kesesuaian antara latar belakang pendidikan guru sekolah dasar dengan mata pelajaran yang diampu. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (4). pp. 499-514.

[img]
Preview
Text
5. yaya.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan untuk merumuskan kebijakan alternatif yang terkait dengan mutu pendidikan difokuskan pada kondisi guru sekolah dasar (SD) yang layak terhadap peningkatan
mutu pendidikan, dan kondisi guru SD antara mata pelajaran yang diampu dengan latar belakang pendidikannya dalam periode tahun 2010-2013.Studi ini menggunakan metode statistika deskriptif untuk menganalisis data tiap individu guru SD berdasarkan kualifikasi akademik dan mencari
urutan mata pelajaran berdasarkan ketidaksesuaiannya dengan membuat kriteria khusus ketidaksesuaian mengajar. Hasil studi menunjukkan bahwa masih banyak guru SD yang belum
berkualifikasi akademik sarjana sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 yang mencapai 67% dari seluruh guru SD negeri dan swasta di Indonesia yang total berjumlah 1.501.236 guru. Sisanya sebesar 32,8% sudah memenuhi kualifikasi akademik sarjana. Tingkat Ketidaksesuaian Guru SD mencapai angka 29.3%. dengan tingkat ketidaksesuaian paling tinggi terjadi pada Guru Agama yang mencapai 54%.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan > Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan
Depositing User: Mrs Syafnelly Syafnelly
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:33
Last Modified: 09 Jan 2019 08:21
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item