Mengenal rumah melayu Riau

Zaini, Marhalim (2017) Mengenal rumah melayu Riau. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta. ISBN 9786024372323

[img]
Preview
Text
49. Isi dan Sampul Mengenal Rumah Melayu Riau.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
49. Isi dan Sampul Mengenal Rumah Melayu Riau.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mengenal rumah tradisional bagi anak-anak sekolah dasar adalah sebuah upaya memberikan pemahaman bahwa rumah tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, serta tempat berlindung dari panas dan hujan. Akan tetapi, juga sebagai identitas budaya sebuah masyarakat. Disamping itu, juga untuk menjelaskan kepada siswa bahwa identitas budaya itu menjadi ciri khas orang Indonesia.
Identitas budaya dari rumah tradisional dapat dilihat dari cara membangun, bentuk, warna orname, dan ukiran-ukiran, serta bahan-bahannya. Semua itu, memiliki arti dan makna tersendiri bagi masyarakat atau penghuninya.
Rumah tradisional yang kini punah, sebaiknya dilestarikan. Pelestariannya tidak hanya memelihara dan merawat rumah tersebut, tetapi juga mempelajarinya. Anak-anak sekolah dasar yang kini lebih banyak mengenal rumah batu di kota-kota dengan gaya Barat harus diberi pemahaman tentang rumah tradisional kita.
Dalam buku ini selain dijelaskan tentang rumah tradisional juga dilengkapi dengan penetahuan awal untuk mengenal berbagai rumah adat atau balai adat yang ada d provinsi Riau dengan harapan agar anak-anak kita dapat lebih tertarik untuk mempelajarinya. Di samping itu, jika kelak menjadi seorang arsitek, mereka paham budaya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Sekolah
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar
Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan > Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan Perbukuan
Depositing User: Mr Rasyid Ridho
Date Deposited: 26 Mar 2018 03:36
Last Modified: 26 Mar 2018 03:36
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/5470

Actions (login required)

View Item View Item