Sutjipto, Sutjipto Pendidikan Budi Pekerti Pada Kurikulum Sekolah Dasar. Pendidikan Budi Pekerti Pada Kurikulum Sekolah Dasar, 20 (4). pp. 483-498.

[img]
Preview
Text
4. Sutjipto.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Artikel ini mengkaji posisi pendidikan budi pekerti pada kurikulum sekolah dasar di Indonesia didasarkan tinjauan kritis filosofis. Kajian yang dilakukan menggunakan metode
studi dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa sejak masa pasca kemerdekaan, pendidikan budi pekerti ditempatkan secara strategis pada kurikulum pendidikan di Indonesia dalam tiga hal, yakni berdiri sendiri sebagai mata pelajaran, digabung dengan mata pelajaran yang relevan,
dan terintegrasi ke dalam mata pelajaran lain. Domain pendidikan budi pekerti yang mengisi jiwa peserta didik dengan moral dan akhlak agar bertingkah laku yang baik, penting untuk diwujudkan ke dalam kurikulum sekolah dasar. Yang perlu diperhatikan dalam implementasinya adalah upaya pembiasaan, pengamalan, pengkondisian lingkungan, dan keteladanan.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Kurikulum
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan
Depositing User: Mrs Syafnelly Syafnelly
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:33
Last Modified: 09 Mar 2017 03:33
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item View Item