Mulyaningsih, Indrati Endang (2014) Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (4). pp. 441-451.

[img]
Preview
Text
1. indrawat-i.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menentukan pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 5 Surakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional.Populasi penelitian ini adalah siswa-siswa SMK Negeri 5 Surakarta. Untuk menganalisis hipotesis utama dan tambahan menggunakan analisis regresi ganda. Kesimpulan yaitu: 1) ada pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial dalam keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa; 2) ada pengaruh yang signifikan interaksi sosial dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa; 3) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dan 4) ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Orang Tua > Pendidikan Keluarga
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan
Depositing User: Mrs Syafnelly Syafnelly
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:32
Last Modified: 11 Jan 2019 04:45
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item