Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar

Mulyaningsih, Indrati Endang (2014) Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (4). pp. 441-451.

[img]
Preview
Text
1. indrawat-i.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menentukan pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 5 Surakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional.Populasi penelitian ini adalah siswa-siswa SMK Negeri 5 Surakarta. Untuk menganalisis hipotesis utama dan tambahan menggunakan analisis regresi ganda. Kesimpulan yaitu: 1) ada pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial dalam keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa; 2) ada pengaruh yang signifikan interaksi sosial dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa; 3) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dan 4) ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Orang Tua > Pendidikan Keluarga
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan > Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan
Depositing User: Mrs Syafnelly Syafnelly
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:32
Last Modified: 11 Jan 2019 04:45
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item