Pendidikan agama Kristen dan budi pekerti SMA/MA dan SMK/MK kelas XI

Sumiyatiningsih, Dien and Stephanus, Stephanus (2017) Pendidikan agama Kristen dan budi pekerti SMA/MA dan SMK/MK kelas XI. SMA/MA dan SMK/MAK Kelas 11 . Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. ISBN 9786024270506

[img]
Preview
Text
b_e8b90793-90d9-4777-bff3-1fa5b412a0ff.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Kristen sejak awal sesungguhnya sudah memiliki tempat yang penting dalam dinamika perkembangan komunitas Kristen. Melalui Pendidikan Agama Kristen Tuhan berkenan untuk mengajar, memelihara, serta mengembangkan komunitas Kristen. Dalam buku PAK kelas XI ini secara khusus para siswa akan dipandu untuk menjadi pribadi yang dewasa dan menghayati peran Allah dalam kehidupan keluarga. Para pemuda juga disiapkan untuk memahami makna suatu penikahan dan keluarga Kristen. Di tengah perubahan sosial yang seringkali mengancam eksistensi keluarga Kristen, para pemuda Kristen dipanggil untuk berpegang teguh pada imannya dalam menghadapi gaya hidup modern, sekaligus dapat memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, budaya, seni, dan teknologi. Buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas XI ini ditulis dengan mendasarkan pembelajaran pada rumusan kompetensi yang mencakup ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Untuk mencapai tujuan tersebut ditegaskan, ranah pengetahuan digunakan untuk mengembangkan sikap spiritual agar menjadi remaja yang beriman, dan sikap sosial agar menjadi remaja dengan akhlak mulia. Kompetensi Dasar yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan/revisi buku PAK ini sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, di mana siswa didorong untuk mencari sumber belajar lain yang lebih variatif dan kaya yang tersedia secara luas disekitarnya. Hasil secara maksimal pelaksanaan kurikulum 2013 ini sesungguhnya sangat ter gantung dari kerja sama berbagai pihak. Dalam konteks ini, guru PAK yang kreatif memiliki peran sentral untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan-kegiatan yang didesain secara relevan pada buku ini. Meskipun demikian, dukungan nyata dari para stakeholder (pemangku kepentingan) yaitu kepala sekolah dan para pengawas PAK sangat dibutuhkan. Orang tua juga perlu terlibat dalam pemakaian buku ini, karena banyak waktu siswa dialokasikan di rumah. Dalam perspektif Alkitab, orang tua menjadi pendidik yang pertama dan utama bagi anak-anaknya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Sekolah
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan > Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Depositing User: Mrs Syafnelly Syafnelly
Date Deposited: 06 Mar 2018 05:00
Last Modified: 06 Mar 2018 05:00
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/5242

Actions (login required)

View Item View Item