PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL DISCOVERY PADA SISWA KELAS VIII SMP 5 KOTA SORONG TAHUN 2013

de Fretes, Fientje P. (2014) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL DISCOVERY PADA SISWA KELAS VIII SMP 5 KOTA SORONG TAHUN 2013. Jurnal Surya, IV. pp. 119-132. ISSN 23562943

[img]
Preview
Text
Fientje P, Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview

Abstract

Gambaran secara menyeluruh tentang persoalan dunia pendidikan di Indonesia adalah tentang tersediaan pendidikan yang mampu menjangkau seluruh warga negara serta adanya penurunan motivasi belajar dari para peserta didik di sekolah. Penurunan motivasi ini jelaslah sangat mempengaruhi prestasi belajar para peserta didik. Salah satu mata pelajaran yang mengalami hal yang sama dalam proses pembelajarannya di kelas adalah mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn).
Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Apakah model pembelajaran discovery dapat meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas VIII Tahun 2013? Dan (b) Apakah model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VIII Tahun 2013?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Guru ingin mengetahui hasil penerapan model pembelajaran discovery terhadap motivasi belajar PKn siswa kelas VIII Tahun 2013, (b) Guru ingin mengetahui hasil penerapan model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIII Tahun2013, dan (c) Guru memberikan gambaran tentang metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa menjadi aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN5 Kota Sorong tahun2013. Data yang diperoleh berupa lembar observasi kegiatan belajar mengajar (siswa dan guru) dan hasil tes formatif.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa motivasi belajar siswa menunjukan grafik peningkatan yaitu 54,54% pada siklus I meningkat menjadi 82,86% pada siklus II. Hasil belajar pun memperlihatkan grafik meningkat yaitu 60% pada siklus I dan meningkat menjadi 83% pada siklus II.
Simpulan dari penelitian ini adalah metode discovery dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP 5 Kota Sorong tahun 2013 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn.

Kata Kunci : pendidikan kewarganegaraan, metode discovery, SMPN5 Kota Sorong

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Pertama
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Papua Barat
Depositing User: Mrs Noer Fitriyanti
Date Deposited: 30 Jan 2018 07:59
Last Modified: 11 Jun 2019 13:15
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/5013

Actions (login required)

View Item View Item