Sutjipto, Sutjipto Diversifikasi Kurikulum Dalam Kerangka Desentralisasi Pendidikan. Diversifikasi Kurikulum Dalam Kerangka Desentralisasi Pendidikan, 21 (3). pp. 317-338.

[img]
Preview
Text
7. Sutjipto.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Tujuan artikel ini untuk mengkaji khasanah pengembangan diversifikasi kurikulum ditinjau dari domain desentralisasi pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pertama,
dari sisi peraturan perundang-undangan yang berlaku terdapat ketentuan yang mengikat semua pihak bahwa daerah dimungkinkan dapat berperan dalam pengembangan diversifikasi
kurikulum yang disesuaikan dengan karakteristik, kebutuhan dan potensinya. Kedua, konten diversifikasi kurikulum dapat dimulai dari ide, perancangan, implementasi dan evaluasi
kurikulum yang cakupannya mulai dari penataan struktur, pemilihan bahan kajian yang esensial baik secara utuh maupun merupakan penjabaran dari standar yang ada. Ketiga,
dengan memandang bidang pekerjaan pengembangan diversifikasi kurikulum sebagai wilayah garapan yang tidak sederhana diperlukan tenaga pengembang yang profesional, yang berarti
tim tidak mungkin bekerja sendiri agar tugas-tugas tim menjadi lebih memadai, efisien,dan efektif. Keempat, dari kesiapan sumber daya manusia daerah dianggap cukup
berpengalaman dalam mengembangkan diversifikasi kurikulum. Kelima, bahwa diversifikasi kurikulum masih memerlukan beragam regulasi sebagai dasar bagi tim pengembang untuk
melaksanakan tugasnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa diversifikasi kurikulum merupakan
kebijakan yang telah diberlakukan untuk mendorong keberagaman berkembang secara terus menerus tanpa menafikan tujuan pendidikan nasional.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Kurikulum
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan
Depositing User: Mrs Syafnelly Syafnelly
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:32
Last Modified: 09 Mar 2017 03:32
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item