Pakpahan, Rogers Ujian Sekolah Sebagai Upaya Pemetaan Mutu Sekolah Dasar. Ujian Sekolah Sebagai Upaya Pemetaan Mutu Sekolah Dasar, 21 (2). pp. 167-181.

[img]
Preview
Text
5. Roger.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengkaji peran ujian sekolah untuk pemetaan mutu sekolah dasar dalam rangka wajib belajar pendidikan dasar. Metode yang digunakan dalam kajian ini yaitu analisis diskriptif pada dokumen penyelenggaraan dan hasil pemantauan pelaksanaan ujian sekolah sedang pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa: 1) penilaian oleh pendidik dalam rangka proses pembelajaran tidak dapat dijadikan sebagai bahan pemetaan mutu sekolah dasar karena tes yang digunakan pendidik tidak baku serta tidak sama kualitasnya; 2) hasil ujian sekolah dapat dijadikan sebagai bahan pemetaan mutu sekolah dasar karena dalam ujian menggunakan tes baku dan relatif sama antar satuan pendidikan; 3) hasil pemetaan mutu
berdasarkan ujian sekolah dapat dijadikan sebagai dasar untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar melalui intervensi kebijakan oleh pemangku kepentingan (satuan
pendidikan, dinas pendidikan kabupaten/kota, dan provinsi). Kajian ini menyimpulkan pelaksanaan ujian sekolah dapat dijadikan sebagai dasar pemetaan mutu sekolah dasar
dan berdasarkan mutu sekolah tersebut dapat dijadikan sebagai dasar untuk pemenuhan kebutuhan/fasilitas sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam rangka pelaksanaan wajar dikdas

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan
Depositing User: Mrs Syafnelly Syafnelly
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:28
Last Modified: 09 Mar 2017 03:28
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item View Item