Solihin, Lukman and Pratiwi, Indah and Rakhmah, Diyan Nur and Supriyati, Teguh and Utama, Bakti (2021) Risalah Kebijakan Nomor 15, Agustus 2021 : penguatan regulasi untuk mendorong peningkatan kompetensi guru dalam jabatan secara berkelanjutan. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta.

[img] Text
Risalah Kebijakan_Puslitjak_No. 15, Agustus 2021_Regulasi untuk Peningkatan Kompetensi Guru.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (1MB)

Abstract

Regulasi perlu mendorong terciptanya sistem pengembangan kompetensi guru agar berjenjang dan berkelanjutan, misalnya dari guru pertama, muda, madya, dan utama yang memiliki standar kompetensi berbeda. Perlu mengoptimalkan peran guru senior dalam melakukan bimbingan kepada rekan sejawat. Bimbingan tersebut juga tidak hanya terbatas kepada guru pemula atau guru yang memiliki kinerja di bawah standar, namun menjadi kegiatan yang rutin dan berkelanjutan.

Guru diwajibkan menjadi anggota organisasi profesi. Regulasi perlu melembagakan kegiatan kolektif guru dalam KKG dan MGMP karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guru di daerah.

Aturan mengenai penilaian kinerja ini perlu diarahkan untuk memotret performa guru di dalam kelas, serta memperjelas waktu dan mekanisme penilaiannya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Ms Ari Sulistiani
Date Deposited: 25 Sep 2021 05:23
Last Modified: 25 Sep 2021 05:23
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/23376

Actions (login required)

View Item View Item