Sastronaryatmo, Moelyono (1981) Babad Pasanggrahan Madusita. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
BABAD PASANGGRAHAN MADUSITA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (25MB)

Abstract

Buku ini merupakan karya sastra lama dari karya sastra daerah Jawa, yang berasal dari Sana Pustaka, Kraton Surakarta. Karya sastra lama akan dapat memberikan khazanah ilmu pengetahuan yang beraneka macam ragamnya. Penggalian karya sastra lama yang tersebar di daerah-daerah ini akan menghasilkan ciri-ciri khas kebudayaan daerah, yang meliputi pula pandangan hidup scrta landasan falsafah yang mulia dan tinggi nilainya. Pemeliharaan, pembinaan, dan penggalian sastra daerah jelas akan besar sekali !Jantuannya dalam usaha kit a untuk mcmbina kebudayaan na5ional pada umumnya, dan pengarahan pendidikan pada khususnya.
Saling pengenian antardaerah, yang sangat besar artinya bagi
pcmeliharaan kcrukunan hidup aiHarsukLI dan agama, akan dapat tercipta pula. bila sastra-sastra dacrah yang termuat dalam karya-karya sastra lama itu, diterjemahkan atau diungkapkan dalam bahasa Indone~ia. Dalam taraf pembagunan bangsa dewasa ini manusia-manusia
Indonesia sungguh memerlukan sekall warisan rohaniah yang terkandung dalam sastra-sastra daerah itu. Kita yakin bahwa segala sesuatunya yang dapat tergali dari dalamnya tidak hanya akan berguna bagi daerah yang bersangkutan saja, melainkan juga akan dapat bennanfaat bagi scluruh bangsa Indonesia, bahkan lebih dari itu, ia akan dapat menjelma menjadi sumbangan yang khas sifatnya bagi pengembangan sastra dunia.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 19 Sep 2021 10:54
Last Modified: 19 Sep 2021 10:54
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/23327

Actions (login required)

View Item View Item