Zamjani, Irsyad and Herlinawati, Herlinawati and Azizah, Siti Nur and Perdana, Novrian Satria and Widiputera, Ferdi (2020) Risalah kebijakan: mewujudkan pendidikan berkualitas melalui pendanaan pendidikan dasar dan menengah pada satuan pendidikan formal. Project Report. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Jakarta.

[img] Text
Risalah Kebijakan_Puslitjak 2020_09_Pendidikan_Berkualitas_melalui_Pendanaan_Pendidikan.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (5MB)

Abstract

pendanaan pendidikan harus berdasarkan tiga prinsip utama, yaitu keadilan, kecukupan, dan keberlanjutan. Untuk menjamin penerapan ketiga prinsip tersebut, standar biaya pendidikan perlu diperbarui secara berkala sesuai dengan perubahan indikator ekonomi, dinamika kebutuhan, dan target capaian
pendidikan itu sendiri. Tahun 2003 Balitbang Kemendikbud telah melakukan survei untuk menghitung kebutuhan biaya pendidikan dasar dan menengah. Hasil studi tersebut menjadi dasar dari penetapan kebijakan bantuan operasional sekolah (BOS) yang mulai digulirkan pada tahun 2005. Oleh karena itu, Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan (Puslitjakdikbud), Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2019 telah melakukan studi pendanaan pendidikan dasar dan menengah pada satuan pendidikan formal dengan mempertimbangkan hasil-hasil penelitian-penelitian terdahulu serta mempertimbangkan dinamika kebutuhan, dan juga variasi antar wilayah. Studi ini bertujuan untuk menganalisis: (1) biaya operasional dan investasi SDM dari penelitian terkait sebelumnya; (2) besaran dan proporsi biaya operasional dan investasi SDM.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Program dan Anggaran
Pendidikan > Sekolah > Bantuan Operasional Sekolah
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Lilis Wahyuningsih
Date Deposited: 10 May 2021 13:46
Last Modified: 10 May 2021 13:46
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/22290

Actions (login required)

View Item View Item