Yufridawati, Yufridawati and Irmawati, Ais and Rahmadi, Untung Tri and Sulistyo, Fadhilah Darma (2020) Sistem zonasi di Indonesia: dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta. ISBN 9786020792842

[img] Text
029__Sistem_Zonasi_Di_Indonesia_-_Dalam_Pengelolaan_dan_Penyelenggaraan_Pendidikan.pdf
Copyright All Rights Reserved

Download (947kB)

Abstract

Pusat Penelitian Kebijakan (Puslitjak), Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud telah mengevaluasi dan menganalisis
keselarasan Peraturan Pemerintah (PP) No. 17 Tahun 2010 Tentang
Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Berdasarkan evaluasi dan analisis tersebut, disusunlah suatu buku yang meninjau keselarasan PP ini dengan kebijakan zonasi (khususnya dalam PPDB) dan peraturan perundangundangan lain yang terkait.
Dalam rangka globalisasi dan pemenuhan capaian pendidikan di dalam negeri, maka pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan pendidikan. Salah satu kebijakan yang paling besar dan berpotensi mengubah wajah pendidikan kita adalah sistem zonasi, yang diterapkan sejak tahun 2017 melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Diawali dengan perubahan aturan pelaksanaan PPDB, maka pada gilirannya nanti sistem zonasi ini pada akan menyentuh pula komponen pengelolaan pendidikan lainnya, seperti pengelolaan pendidik, sarana dan prasarana
pendidikan. Melalui kebijakan ini diharapkan percepatan akses dan mutu pendidikan di tanah air dapat segera terwujud, hingga di masa yang tidak lama, bangsa dan negara ini dapat berprestasi, mengantarkannya pada tangga tertinggi dari peraturan bangsa-bangsa di dunia.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > PPDB
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Sistem Zonasi
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Dwi Retnawati
Date Deposited: 31 Mar 2021 04:15
Last Modified: 31 Mar 2021 04:18
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/21894

Actions (login required)

View Item View Item