Ulumuddin, Ihya and Biantoro, Sugih and Raziqin, Khairur and R.U, Novirina (2020) Strategi pengembangan kota kreatif Indonesia: perspektif pemajuan kebudayaan. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta. ISBN 9786020792934

[img] Text
Puslitjak_2020_25_Strategi_Pengembangan_Kota_Kreatif_di_Indonesia.pdf
Copyright All Rights Reserved

Download (2MB)

Abstract

Kota Kreatif di seluruh dunia yang dikenal dengan UCCN (UNESCO
Creative Cities Network) kini gencar di dorong oleh UNESCO. Ini
merupakan bagian dari program SDGs (Sustainable Development Goals), khususnya mengenai kota yang berkelanjutan. Tujuannya, ialah menjadikan kebudayaan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam pembangunan, khususnya di wilayah perkotaan.Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan kota kreatif dalam upaya mensejahterakan masyarakat perkotaan. Oleh karenanya, akan dilakukan penelitian mengenai upaya strategis pengembangan kota kreatif dengan menggunakan konsep
Cultural Landscapes yang dikembangkan oleh Greffe (2011). Konsep tersebut kemudian dioperasionalkan lebih jauh oleh Simsek (2017) untuk mendapatkan ukuran yang lebih mendetail. Selain itu, Pemerintah Indonesia juga sudah menerbitkan UU No. 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang memiliki tekanan kepada pemerintah daerah untuk memainkan peran pembinaan terhadap pemajuan kebudayaan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Dwi Retnawati
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:51
Last Modified: 29 Mar 2021 03:51
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/21585

Actions (login required)

View Item View Item