Solihin, Lukman and Pratiwi, Indah and Hijriani, Ika and Sudrajat, Unggul (2020) Mengukur capaian program Gerakan Literasi Sekolah: merumuskan instrumen evaluasi untuk memajukan literasi. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta. ISBN 9786020792798

[img] Text
Puslitjak_2020_22_Mengukur_Capaian_Program_Gerakan_Literasi_Sekolah.pdf
Copyright All Rights Reserved

Download (7MB)

Abstract

GLS dipraktikkan dengan pendekatan membaca ekstensif (extensive reading), yaitu praktik membaca sebanyakbanyaknya ragam bacaan untuk kesenangan, agar tumbuh minat dan budaya baca, serta terbiasa “menghadapi” beragam jenis bacaan. Melalui praktik
membaca ekstensif, siswa dapat menyelami hobi dan kesenangan masingmasing, sembari meningkatkan rasa ingin tahu, kepekaan, serta menimba ilmu dan pengalaman dari berbagai bacaan. Melihat pentingnya peran GLS dalam meningkatkan literasi siswa, maka perlu dukungan semua pihak agar program ini dapat ditingkatkan. Upaya untuk mengembangkan program GLS lebih jauh tentu memerlukan tolok ukur, yaitu parameter untuk melihat capaian pelaksanaan program di tingkat satuan pendidikan. Sebagai sebuah gerakan yang muaranya adalah meningkatkan aktivitas literasi siswa di setiap satuan pendidikan, maka sasaran
pengembangan program tentu harus berorientasi pada tujuan akhir tersebut. Pengembangan program GLS tidak lagi berorientasi pada gegap gempita acara dan seremonial di Jakarta, melainkan diarahkan pada peningkatan kualitas pelaksanaan program literasi di setiap sekolah.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Literasi Sekolah
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Dwi Retnawati
Date Deposited: 26 Mar 2021 08:09
Last Modified: 26 Mar 2021 08:09
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/21565

Actions (login required)

View Item View Item