Perdana, Novrian Satria and Handayani, Meni and Purnama, Joko (2020) Analisis hubungan jumlah rombongan belajar dan jumlah peserta didik per rombongan belajar dengan mutu lulusan. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta. ISBN 9786020792705

[img] Text
Puslitjak_2020_13_Analisis_Hubungan_Rombel_dan_Mutu_Lulusan.pdf
Copyright All Rights Reserved

Download (2MB)

Abstract

Adanya dua kebijakan, yaitu PPDB Zonasi dan ketentuan jumlah rombel dan siswa/rombel menyebabkan beberapa daerah mengajukan permohonan kelonggaran pengaturan jumlah rombel dan siswa per rombel dari ketentuan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016. Asumsinya hal ini terjadi karena sebaran sekolah yang belum merata dan masih adanya stigma masyarakat tentang sekolah favorit. Jika hal ini terus dibiarkan maka dapat terjadi penumpukan siswa pada suatu sekolah dan berujung pada penutupan beberapa sekolah lain karena kekurangan siswa. Selain itu, banyaknya siswa per rombel yang melebihi ketentuan dikhawatirkan dapat mengurangi efektivitas pembelajaran
dan berujung pada mutu hasil belajar. Menindaklanjuti hal ini maka perlu dilakukan kajian tentang ukuran rombongan belajar dan siswa per rombel serta hubungannya terhadap mutu lulusan. Tujuan buku ini adalah untuk memberikan rekomendasi kebijakan tentang pengaturan ukuran rombel dan siswa per rombel dalam upaya peningkatan mutu lulusan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Siswa
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Dwi Retnawati
Date Deposited: 26 Mar 2021 07:29
Last Modified: 26 Mar 2021 07:29
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/21561

Actions (login required)

View Item View Item