Indradjaja, Agustijanto and Degroot, Véronique and Susetyo, Sukawati and Harriyadi, Harriyadi (2020) Arca-Arca masa Hindu-Budha di Pekalongan. Seri Rumah Peradaban . Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
Buku_Pengayaan_Pekalongan_2020.pdf - Published Version
Copyright Some Rights Reserved
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (13MB)

Abstract

Arca adalah bentuk tiga dimensi yang dihasilkan dengan memahat, membentuk, atau menuang. Oleh sebab itu, arca tidak selalu terbuat dari batu tetapi dapat juga dibuat dari bahan lain, seperti kayu, terakota, logam, dan gipsum. Pada saat melakukan penelitia terhadap arca, para arkeolog akan membahasnya pada tiga aspek yakni (1) ikonografi,(2) gaya seni, dan (3) rantai operasinya.
Rantai operasi adalah serangkaian langkah dan teknik pembuatan suatu benda. Rantai operasi tergantung pada bahan yang digunakan: batu dibentuk melalui pemahatan, berbeda dengan tanah liat yang dibentuk atau logam yang dituang. Kadang-kadang, rantai operasi menyertakan juga penilaian berdasarkan mutu–tingkat penguasaan teknik yang digunakan.Berbeda dengan rantai operasi, gaya dan ikonografi tidak tergantung pada medianya. Objek yang terbuat dari bahan yang berbeda dapat memiliki gaya dan ikonografi yang sama. Membedakan gaya dan ikonografi tidaklah mudah. Secara sederhana, ikonografi adalah apa yang diperlihatkan, sedangkan gaya adalah cara sesuatu diperlihatkan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 23 Feb 2021 09:25
Last Modified: 23 Feb 2021 09:39
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/21003

Actions (login required)

View Item View Item