Muslim, Nurcholis and Hidayat, Toni Syamsul and Djuwarijah, Siti (2017) Laporan Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa di Kota Mataram (upaya pengawasan dan pengendalian) Tahun 2017. Documentation. Kantor Bahasa Provinsi NTB, Mataram.

[img] Text (Laporan Penelitian Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa di Kota Mataram (Upaya Pengawasan dan Pengendalian) Tahun 2017)
22.Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa di Kota Mataram (Upaya Pengawasan dan Pengendalian) Kemendikbud KBHS NTB Tahun 2017.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (56MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dirancang dan dibiayai oleh Kantor Bahasa Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini ditujukan untuk pengawasan dan pengendalian penggunaan bahasa Indonesia di media massa, khususnya media cetak.

Sebagai bahan kajian dan pertimbangan perencanaan pengembangan dan pembinaan bahasa di daerah, penelitian ini memiliki beberapa tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan kaidah tata tulis ejaan dalam media cetak di Kota Mataram. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pemilihan kata dalam media cetak di Kota Mataram. Dan yang terakhir penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kaidah tata kalimat dalam media cetak di Kota Mataram.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran deskriptif-kuantitatif. Populasinya adalah semua media massa yang ada di Kabupaten Sumbawa. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan cara metode dokumentasi dan kedua dengan cara metode kuesioner.

Ada dua media massa yang di analisis penggunaan bahasa Indonesianya. Media massa tersebut yaitu Harian Suara NTB dan Harian Lombok Post.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Kantor Bahasa NTB
Depositing User: Mr Mursihono Dwi Joko
Date Deposited: 01 Feb 2021 22:41
Last Modified: 01 Feb 2021 22:41
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/20461

Actions (login required)

View Item View Item