Hariro, Zamzam and Hamid, Safoan Abdul and Rachmawati, Desi and Kurniawaty, Asry and Wardhani, Aditya and Cahyasabudhi, I Nyoman and Djuwarijah, Siti and Raudloh, Siti and Hakim, Lukmanul and Yudiastini, Ni Made and Hartanto, Hartanto and Wiartini, Ni Luh (2017) Laporan hasil penelitian Kajian Efektivitas Pembinaan Bahasa di Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2017. Documentation. Kantor Bahasa Provinsi NTB, Mataram.

[img] Text (Laporan Penelitian Kajian Efektivitas Pembinaan Bahasa di Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2017)
10.Kajian Efektivitas Pembinaan Bahasa di Provinsi NTB Kemendikbud KBHS NTB Tahun 2017.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (68MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai bahan kajian dan pertimbangan perencanaan pengembangan dan pembinaan bahasa di daerah, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
a. Efektifitas narasumber pada kegiatan pembinaan bahasa dan sastra Kantor Bahasa NTB
b. Efektifitas materi dalam kegiatan pembinaan bahasa dan sastra yang digunakan oleh Kantor Bahasa NTB
c. Kebermanfaatan kegiatan pembinaan bahasa dan sastra yang dilakukan Kantor Bahasa NTB bermanfaat bagi peserta pembinaan.

Penelitian dilaksanakan di tiga lokasi yaitu Lombok, Sumbawa dan Bima dengan mempertimbangkan wilayah yang telah mendapatkan kegiatan pelatihan atau pembinaan bahasa dan sastra dari Kantor Bahasa NTB dan pelatihan atau pengembangan yang diikuti minimal selama 8 jam. Pertimbangan waktu minimal didasarkan atas pemikiran bahwa peserta yang telah mengikuti kegiatan pelatihan atau pembinaan bahasa dan sastra dari Kantor Bahasa NTB selama waktu tersebut dapat memberikan gambaran berkaitan dengan narasumber, materi dan manfaat kegiatan tersebut.

Sampel penelitian masing-masing akan diambil dari semua kabupaten dan kota di NTB. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan random sampling. Responden diminta untuk menjawab pertanyaan dengan tipe jawaban Skala Likert, yaitu dengan 5 (lima) Kategori. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 200 orang peserta yang telah mengikuti pelatihan dan pengembangan bahasa dan sastra Indonesia dari Kantor Bahasa NTB dari seluruh kabupaten di Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan pembinaan bahasa dan sastra yang dilakukan Kantor Bahasa melalui siaran televisi dan penyuluhan dirasakan sangat bermanfaat oleh para responden. Hanya sebagian kecil responden yang menyatakan bahwa manfaat dari kegiatan pembinaan Kantor Bahasa NTB tersebut kurang bermanfaat.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Kantor Bahasa NTB
Depositing User: Mr Mursihono Dwi Joko
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:20
Last Modified: 29 Jan 2021 02:20
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/20428

Actions (login required)

View Item View Item