Djuwarijah, Siti and Raudloh, Siti and Wardhani, Aditya and S, I Nyoman Cahya Sabudhi (2018) Laporan hasil penelitian Penggunaan Bahasa Indonesia Bagi Badan Publik Daerah Tahun 2018. Documentation. Kantor Bahasa Provinsi NTB, Mataram.

[img] Text (Hasil Penelitian Penggunaan Bahasa Indonesia Bagi Badan Publik Daerah Tahun 2018)
10. Penggunaan Bahasa Indonesia Bagi Badan Publik Daerah tahun 2018.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (68MB)

Abstract

Laporan ini merupakan penelitian yang mengkaji sikap dan penggunaan bahasa Indonesia pada badan publik di Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini penting dilakukan karena erat hubungannya antara sikap bahasa pegawai badan publik dean penggunaan bahasa Indonesia oleh pegawwai badan publik.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sikap bahasa pegawai di badan publik daerah Kabupaten Sumbawa dan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan penggunaan bahasa Indonesia di badan publik Kabupaten Sumbawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kuantitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisis penggunaan bahasa Indonesia di badan publik sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk sikap bahasa pegawai di badan publik.

Populasi penelitian adalah pegawai badan publik di kabupaten Sumbawa. Responden yang dilibatkan sejumlah tiga puluh orang yang berasal dari pegawai badan publik di kabupaten Sumbawa. Instansi yang dijadikan sampel adalah Dinas Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Pemuda dan Olahraga, dan Pariwisata, PMI, Kantor Kelurahan Seketeng, Kantor Kelurahan Samapuin, BAPENDA, LTSP P2TKI, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Badan Narkotika Kabupaten Sumbawan.

Hasil analisis data disimpulkan bahwa aspek kognitif pegawai badan publik di Kabupaten Sumbawa memiliki nilai rata-rata sebesar 3,03. Nilai tersebut tergolong kategori tidak baik yang terletak pada interval 2,6-3,2. Sedangkan pada aspek akfektif memiliki nilai rata-asebar 3,46 tergolong dalam kateegori cukup baik yang terletak apda interval 3,2-3,8. Dengandemikian,dapat disimpulkan bahwa sikap pengguna bahasa Indonesia pada badan publik di Kabupaten Sumbawa dilihat dari aspek kognitif tergolong tidak baik, sedangkan dari aspek afektif tergolong cukup baik.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Kantor Bahasa NTB
Depositing User: Mr Mursihono Dwi Joko
Date Deposited: 29 Jan 2021 01:22
Last Modified: 29 Jan 2021 01:22
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/20371

Actions (login required)

View Item View Item