Bahri, Syaiful and Husnan, Lalu Erwan and Shubhi, Muhammad and Raudloh, Siti (2018) Laporan Penelitian Penggunaan Bahasa dan Apresiasi Sastra Siswa Tingkat Dasar di Kabupaten Dompu Tahun 2018. Documentation. Kantor Bahasa Provinsi NTB, Mataram.

[img] Text (Laporan Penelitian Penggunaan Bahasa dan Apresiasi Sastra Siswa Tingkat Dasar di Kabupaten Dompu Tahun 2018)
7. Penggunaan Bahasa dan Apresiasi Sastra Siswa Tingkat Dasar di Kab Dompu tahun 2018.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (45MB)

Abstract

Laporan ini terdiri atas empat bab, yakni pendahuluan, gambaran umum daerah penelitian, pembahasan, dan penutup.

Penelitian yang berjudul "Penggunaan Bahasa dan Apresiasi Sastra Siswa Tingkat Dasar di Kabupaten Dompu" ini bermaksud melihat tingkat kemampuan penggunaan bahasa dan apresiasi sastra siswa, khususnya siswa tingkat dasar pada jenjang pendidikan SMP di Kabupaten Dompu. Berdasarkanjudul tersebut, ada dua permasalahan yang akan dijawab, yakni (1) bagaimanakah penggunaan bahasa siswa tingkat dasar di Kabupaten Dompu dan (2) bagaimanakah apresiasi sastra siswa tingkat dasar di Kabupaten Dompu. Pengukurantingkat penggunaan bahasa dilakukan dengan melihat penggunaan konjungsi dan penerapan penggunaan kaidah kebahasaan dalam tata tulis. Pengukuran tingkat apresiasi sastra dilakukan dengan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun karya sastra. Pengukuran tingkat penggunaan bahasa dan apresiasi sastra tersebut dituangkan dalam sebuah kuesioner yang diberikan kepada empat puluh lima siswa di tiga sekolah sebagai informan. Masing-masing sekolah terdiri atas lima belas informan. Jawaban dari semua informan kemudian dianalisis dengan melihat pilihan terbanyak pada masing-masing pilihan jawaban. Jawaban terbanyak itulah yang dijadikan dasar penentuan tingkat penggunaan bahasa maupun apresiasi sastra. Berdasarkan hasil analisis data, tingkat penggunaan bahasa dalam kaitannya dengan penerapan penggunaan konjungsi memperlihatkan adanya pilihan terbanya pada jawaban tidak benar, sedangkan dalam kaitannya dengan penerapan kaidah penggunaan bahasa dalam tata tulis ditemukan penerapan kaidah kebahasaan sebagian besar berada pada kategori nilai 1 di semua aspek penilaian. Hal ini menunjukan tingkat penggunaan bahasa masih sangat kurang dan terbatas. Berkaitan dengan tingkat apresiasi sastra, jawaban terbanyak berada pada kategori nilai 1 di semua aspek penilaian. Gambaran ini menunjukkan sebagian besar siswa masih belum mampu mengapresiasi sastra, khususnya mengidentifikasi unsur-unsur penggunaan bahasa.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Pertama
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Kantor Bahasa NTB
Depositing User: Mr Mursihono Dwi Joko
Date Deposited: 29 Jan 2021 00:55
Last Modified: 29 Jan 2021 00:55
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/20367

Actions (login required)

View Item View Item