Andika, Saputra and Purnamasari, Nurul Adliyah Jejak kolonial di Buton, Sulawesi Tenggara. Balai Arkeologi Sulawesi Selatan, Makasar.

[img]
Preview
Image
POSTER-20203-1200x650.png
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buton adalah sebuah pulau di Sulawesi Tenggara. Dalam perjalanan sejarahnya, Buton pernah menjadi salah satu daerah jajahan bangsa Belanda di Indonesia. Buton dipilih karena memiliki lokasi strategis dan kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Jejak kolonial Belanda di Buton dapat ditemukan tersebar di Kabupaten Buton, Kabupaten Wakatobi, dan Kota Baubau. Karakter kolonial dapat terlihat jelas terutama di sekitar Jalan Balai Kota dan Jalan Letter Buton di Kota Baubau dengan ditandai adanya beberapa bangunan kolonial yang masih berdiri antara lain bekas kantor asisten residens, rumah jabatan asisten residens, perumahan opsir KNIL, rumah kontrolir, kantor pos kolonial, pasangrahan kalangan atas, rumah jabatan dokter Belanda, lapangan merdeka, dan Letter Buton.
Belanda mulai menetap di Kota Baubau setelah perjanjian Asyikin Brugman pada tanggal 8 April 1906. Di pesisir Kota Baubau dapat ditemukan jejak kolonial Belanda yang dibangun pada masa tersebut, antara lain rumah jabatan pegawai kolonial, rumah sakit, lapangan tenis, rumah jabatan bintara Belanda, penjara, gereja di Jalan Jendral Sudirman, Kantor Doane di Pelabuhan Murhum, pemakaman Tionghoa dan Belanda di Tanah Abang, dan pasangrahan kalangan bawah serta sekolah tionghoa di Jalan Kartini. Di tengah kota, perempatan Jalan Kartini dan Jalan Jendral Sudirman, Belanda membangun sebuah taman kota bernama Keboen Raja dengan air mancur di tengah-tengah taman. Tidak hanya fasilitas untuk pihak pemerintah kolonial, Belanda juga membangunkan istana untuk Sultan Buton yang dikenal dengan sebutan Kamali Baubau. Rumah jabatan Bonto Ogena di Jalan Sultan Hasanuddin, kantor dan rumah jabatan Kepala Distrik Bungi di Jl. Diponegoro juga turut dibangun Belanda yang masih dapat dijumpai hinggs sekarang ini.

Item Type: Other
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Arkeologi Nasional > BALAR Sulawesi Selatan
Depositing User: Lenrawati Lenrawati
Date Deposited: 15 Jan 2021 08:50
Last Modified: 15 Jan 2021 08:50
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19928

Actions (login required)

View Item View Item