I Putu, Karmana and Gendro, Keling and Kristantina, Indriastuti and L.R. Retno, Susanti and Dewa Gede Yadhu, Basudewa Jurnal Arkeologi Siddhayatra Vol.24 No.2 Tahun 2019. Balai Arkeologi Sumatera Selatan. ISBN 0853-9030

[img] Text
Siddhayatra November 2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Seluruh artikel yang dimuat di dalam terbitan Volume 24 No. 2 bulan November tahun 2019 ini melingkupi kajian arkeologi yang dibahas dari berbagai sudut.
Tulisan dari I Putu Karmana membahas tentang tinjauan keberadaan koleksi museum manusia purba Gilimanuk dari sudut pandang kekinian. Penulis menganggap pengembangan sumberdaya pengelola museum juga menjadi hal yang penting, baik dalam perbaikan tampilan maupun perawatan koleksi, sekaligus sebagai mediator dalam promosi museum. Sudut pandang kekinian ini akan lebih bermanfaat baik bagi ilmu pengetahuan, masyarakat umum, pemerintah, maupun bagi peneliti sendiri.
Tulisan dari Gendro Keling mengenai makam kuno di Situs Anggareksa, Kecamatan Lombok Timur, Kabupaten Lombok sebagai bukti pengaruh awal Islam di Lombok. Tulisan ini mengkaji lebih jauh mengenai Islam di Lombok, terutama Lombok Timur dikaitkan dengan bukti-bukti adanya temuan makam Bugis di Situs Anggareksa. Dari tulisan ini diketahui bahwa Situs Makam Anggareksa merupan tipe Makam Bugis dengan ornamen bercorak flora dan tokog yang di kubur adalah bangsawan laki-laki.
Kristantina Indriastuti pada terbitan kali ini membahas tentanf tempayan kubur di Desa Tebat Monok, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Di situs Tebakmonok ini ditemukan tempayan kubur yang berjumlah 22 buah, beliung dan belincung yang berjumlah 10 buah, dan wadah-wadah dari tanah liat.
L.R. Retno Susanti membahas tentang Pemanfaatan Warisan Kedatuan Sriwijaya sebagai sumber pembelajaran.
Tulisan Dewa Gede Yadhu Basudewa membahas tinjauan variasi dan makna dari laksana Arca Durga Mahisasuramardini pada beberapa pura di Bali. Tulisan ini berdasarkan keunikan variasi laksana Durga Mahisasuramardini pada beberapa pura di Bali.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Arkeologi Nasional > BALAR Sumatera Selatan
Depositing User: Mr. Titet Fauzi Rachmawan
Date Deposited: 23 Oct 2020 05:41
Last Modified: 23 Oct 2020 05:41
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19600

Actions (login required)

View Item View Item