Setianto, Yudi (2020) Pendidikan multikultural dan pendidikan multiagama melalui pembelajaran sejarah. In: Seminar Kolegial PPPPTK PKn dan IPS.

[img] Text
PPT-Pendidikan Multikultur dan Multiagama Melalui Pembelajaran Sejarah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (437kB)
[img] Text
Makalah-Pendidikan Multikultur dan Multiagama Melalui Pembelajaran Sejarah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (370kB)

Abstract

Bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa yang besar di dunia dengan segala keunikannnya. Keunikan tersebut antara lain bahwa bangsa ini secara geografis terdiri dari ribuan pulau. Ribuan pulau tersebut terdiri dari berbagai suku, ras, bahasa, golongan, budaya, adat, dan agama. Perbedaan ini adalah keunikan, yang mempunyai banyak hal sisi positif sekaligus sebaliknya. Selama ini, Bangsa Indonesia mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika sebagai spirit permersatu di antara berbagai kebhinekaan dan keberagaman. Kebhinekaan bangsa ini sebagai fakta historis yang tidak dapat disangkal. Meskipun demikian sampai saat ini, secara empiris kebhinekaan tersebut terkadang disangkal dengan adanya konflik sosial secara vertikal dan horisontal. Konflik sosial tersebut sering dilatarbelakangi oleh kebhinekaan tersebut. Berbagai konflik di Indonesia dari jaman dahulu sampai yang kekinian, sering kali berakar dari permasalahan SARA (Suku, Agama, Ras, Antar-Golongan). Padahal, Indonesia sebagai wilayah yang sangat luas dengan keunikan keberagamannya tersebut. Jika hal ini tidak diperhatikan dan dicari solusinya, maka permasalahan sejenis akan berulang dengan waktu dan tempat yang berbeda.
Salah satu solusi menghadapi permasalahan yang dikaitkan dengan perbedaan-perbedaan dalam elemen suatu bangsa tersebut adalah melalui dunia pendidikan, khususnya melalui pendekatan pembelajaran sejarah. Namun selama ini, pendidikan sejarah di Indonesia dianggap oleh sebagian kalangan mengalami krisis dalam pembentukan karakter dan sejenisnya. Maka untuk itu , perlu adanya terobosan yang out of the box dalam menghadapi potensi permasalahan laten seperti permasalahan dimaksud yang terkadang sulit diduga, kapan dan dimana terjadi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > PPPPTK Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs/Mr Petugas Perpustakaan
Date Deposited: 28 Aug 2020 06:29
Last Modified: 28 Aug 2020 06:29
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19256

Actions (login required)

View Item View Item