Andika, Saputra and Lenrawati, Lenrawati and Purnamasari, Nurul Adliyah (2020) Jejak perahu masa prasejarah. [Image]

[img]
Preview
Image
POSTER-20202-1-1200x650.png
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gambar cadas merupakan lukisan atau pahatan pada dinding gua ataupun dinding ceruk. Karya seni ini adalah salah satu unsur kebudayaan masyarakat prasejarah yang hidup dari masa berburu dan mengumpulkan makanan, dan dapat dikatakan merupakan salah satu ekspresi kesenian pertama yang diperlihatkan oleh masyarakat sederhana. Adanya lukisan-lukisan ini menunjukan bahwa masyarakat sederhana ini telah memiliki nilai-nilai keindahan dan keteraturan dalam mengungkapkan rasa seni.

Lukisan berbentuk perahu ini sendiri telah ada sejak 10.000 tahun yang lalu. Tidak hanya ditemukan di Kabupaten Raha, tetapi juga pada gua-gua bekas hunian di Kabupaten Maros dan Pangkep. Secara morfologi, bentuk perahu dibuat dari sebatang kayu yang dikeruk bagian dalamnya secara memanjang seperti lesung. Hingga kini teknologi perahu telah berkembang dan dikenal dengan baik oleh masyarakat Bugis dan Makassar sebagai perahu Phinisi.

Item Type: Image
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Arkeologi Nasional > BALAR Sulawesi Selatan
Depositing User: Lenrawati Lenrawati
Date Deposited: 12 Oct 2020 07:37
Last Modified: 12 Oct 2020 07:37
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19165

Actions (login required)

View Item View Item