Kemendikbud, Pusat Asesmen dan Pembelajaran (2020) Buku saku asesmen diagnosis kognitif berkala. Manual. Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Jakarta.

[img] Text
FINAL Buku saku Asesmen Kognitif Berkala.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (5MB)

Abstract

Di Indonesia, beragamnya kondisi sosial ekonomi, akses teknologi, serta kondisi wilayah sebaran Covid-19 menyebabkan pelaksanaan BDR serta capaian belajar siswa bervariasi. Oleh karena itu, asesmen untuk mengetahui hambatan dan kelemahan siswa pada saat BDR perlu dilakukan. Asesmen yang meliputi aspek kognitif dan nonkognitif perlu dilakukan agar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kondisi siswa. Hasil asesmen memberikan dasar kepada guru untuk menetapkan perlakuan atau strategi yang tepat kepada masing-masing siswa. Remedial atau pengayaan yang dilakukan sebagai tindak lanjut hasil asesmen merupakan upaya untuk memastikan tidak ada siswa yang tertinggal atau dirugikan.

Buku saku ini disusun untuk memberikan inspirasi, wawasan, dan pedoman bagi Bapak dan Ibu guru dalam melakukan persiapan, pelaksanaan, diagnosis dan tindak lanjut yang tepat pada proses asesmen diagnosis. Kami berharap buku ini menjadi salah satu penguatan terhadap prinsip “teaching at the right level” (pembelajaran sesuai dengan tingkat) khususnya pada masa pandemik.

Item Type: Monograph (Manual)
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penilaian Pendidikan
Pendidikan > Sekolah > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Asesmen dan Pembelajaran
Depositing User: Mr Chaidir Amir
Date Deposited: 22 Jul 2020 07:49
Last Modified: 22 Jul 2020 07:49
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19080

Actions (login required)

View Item View Item