Pedoman prasarana pendidikan anak usia dini : norma, standar, prosedur, dan kriteria (nspk)

Kemendikbuid, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (2014) Pedoman prasarana pendidikan anak usia dini : norma, standar, prosedur, dan kriteria (nspk). Manual. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta.

[img] Text
pedoman_prasarana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka penyelenggaraan lembaga PAUD pada berbagai jenis dan jalurpendidikan sebagaimana diatur dalam pasal 28 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, maka diperlukan sarana dan prasarana pendidikan yang mendukung. Selanjutnya, penjelasan tentang prasarana yang dibutuhkan suatu lembaga pendidikan ditegaskan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 42 ayat 2 yang menyatakan bahwa setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang
meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. Lebih lanjut dalam Permendiknas 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD telah disebutkan mengenai prinsip dan persyaratan prasarana yang wajib dimiliki sebuah lembaga PAUD.

Melalui pedoman ini, diharapkan dapat memberikan gambaran tentang identifikasi kebutuhan prasarana PAUD sesuai kategori usia anak dan perkembangannya serta standar pengelolaan prasarana PAUD yang meliputi penataan, perawatan, dan rambu-rambu pengelolaan prasarana PAUD.

Item Type: Monograph (Manual)
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Juklak dan Juknis
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Standar Pelayanan
Pendidikan > Sekolah > Paud dan Taman Kanak-Kanak
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Chaidir Amir
Date Deposited: 01 Jul 2020 22:44
Last Modified: 01 Jul 2020 22:44
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18851

Actions (login required)

View Item View Item